Resident Evil 2 Remake VS Original

Melalui gelaran Electronic Entertainment Expo (E3) pada tahun 2018 silam, Capcom memperkenalkan beberapa game terbarunya, termasuk Resident Evil 2 Remake. Resident Evil 2 Remake merupakan permak ulang dari game Resident Evil 2. Dengan hasirnya game ini, Capcom mengajak para gamer bernostalgia dengan serial Resident Evil miliknya.

Resident Evil 2 sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998, yang kala itu hanya bisa dimainkan pada Player Station 1. Dengan semakin berkembangnya teknologi, 20 tahun kemudian Capcom memperbaiki, meningkatkan kualitas, dan menyesuaikan game ini dengan platform yang ada sekarang. Sehingga hadirlah Resident Evil 2 Remake untuk kembali menemani pencinta game horor.

Resident Evil 2 remake vs original

Kira-kira apa saja perbaikan yang telah dilakukan Capcom? Apa yang yang masih sama, atau berubah, atau diperbaiki dari Resident Evil 2 Remake dibandingkan dengan versi aslinya di tahun 1998? Berikut ulasan perbandingan antara Resident Evil 2 remake vs original :

Baca juga: Review Game Tom Clancy’s The Division 2  

  1. Grafik Lebih Bagus

Dengan teknologi yang lebih modern, grafis dari game Resident Evil 2 Remake ini juga makin bagus. Dahulu dengan platform Play Station 1 dengan grafik yang ala kadarnya, tentu berbeda dengan sekarang yang kualitas grafis sudah jauh berkembang. Pada versi remake ini pengembang menggambar ulang kondisi lingkungan dan kota yang ada di dalam game. Lokasi utama dari game ini yaitu kantor polisi Racoon City, lengkap dengan hall utama yang dihias patung air mancur tetap ada.

  1. Leon Menjadi Lebih Muda

Karena kualitas grafis yang diperbagus, maka pada versi remake ini wajah Leon terlihat lebih jelas. Jika dibandingkan dengan Resident Evil 4 dan 6, wajah Leon terlihat lebih muda karena memang pada Resident Evil 2, usia Leon baru 21 tahun.

  1. Sudut Kamera Dari Bahu

Perbandingan ketiga dari Resident Evil 2 remake VS original adalah sudut pandang kamera permainan. Pada game Resident Evil 2 Remake ini sudut pandang kamera dari belakang bahu sama seperti pada Resident Evil 4, 5, dan 6. Pemain bisa menekan tombol L2 untuk mengarahkan senjata dan menekan tombol R1 untuk menembak.

  1. Suasana Lebih Mencekam

Pada versi asli Resident Evil 2, koridor kantor polisi dibuat terang, tetapi pada versi remake ini koridor tersebut dibuat gelap. Dengan seperti ini suasana game lebih mencekap dan menegangkan. Pemain tidak akan menduga karena zombie bisa muncul tiba-tiba.

  1. Puzzle Berbeda

Seperti yang dijelaskan di atas, di depan kantor polisi Racoon City terdapat sebuah patung air mancur. Ditengah-tengah patung terdapat slot yang harus diisi dengan emblem, tugas pemain adalah untuk menemukan emblem tersebut. Jika pada versi lama, slot emblem ini hanya ada 1, tetapi pada versi remake-nya terdapat 3 slot.

  1. Cara Membuka Pintu

Pada versi original, pintu terbuka dengan dramatis disertai dengan deritan suara pintu yang menyeramkan. Tetapi pada Resident Evil 2 Remake ini, pintu terbuka sama seperti pada Resident Evil 7. Kecepatan pintu terbuka sesuai dengan keinginan pemain, jika memang ragu dengan apa yang ada dibalik pintu, pemain bisa membuka pintu secara perlahan.

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Tom Clancy’s The Division 2

  1. Zombie Lebih Sulit Dibunuh dan Dihindari

Sama seperti pada versi originalnya, Leon sebagai karakter utama game ini dibekali senjata tangan model H&K VP70 9mm. Untuk membunuh zombie, pemain harus menghajar zombie pada bagian kepala sebanyak 3 kali. Dan ketika zombie tersebut tumbang, bukan jaminan bahwa zombie tersebut sudah mati. Zombie tersebut bisa bangkit kembali jika pemain melewatinya kembali. Selain lebih sulit untuk dibunuh, zombie ini juga lebih sulit untuk dihindari.

Itulah beberapa perbedaan yang bisa ditemukan antara Resident evil 2 remake vs original. Bagi yang suka memainkan game ini 20 tahun yang lalu, sekarang bisa kembali memainkan game ini dengan versi yang lebih modern dan bagus. Dengan perbaikan di beberapa aspek, membuat game ini lebih menarik dan menantang untuk dimainkan.

PC Gamer