Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile

PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) adalah salah satu game terpopuler, yang bisa dimainkan secara online melalui PC atau mobile. Begitu populer sampai ada sekitar 50 juta orang yang memainkan game ini setiap harinya di seluruh dunia. Namun, ternyata banyak gamers sering mengalami masalah lag saat bermain PUBG, khususnya versi mobile, dan bingung bagaimana cara mengatasi lag pada pubg mobile.

Lag (game berjalan patah-patah tidak sesuai timing eksekusi) yang terjadi dikarenakan PUBG mobile mengadopsi hampir keseluruhan aspek yang ada pada versi game PC, terutama pada kualitas grafis yang tinggi (HD/Ultra HD). Sehingga memerlukan perangkat mobile (smartphone) dengan spesifikasi yang tinggi pula, agar lancar dimainkan.

Nah, artikel kita kali ini akan membahas tentang beberapa cara mudah mengatasi lag yang terjadi pada PUBG mobile. Yuk simak!

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile

 

Setidaknya ada 7 cara mengatasi lag pubg mobile yang bisa Kamu lakukan yaitu :

1. Pakai smartphone dengan spesifikasi memadai

Untuk bermain PUBG mobile spesifikasi minimum yang wajib ada pada smartphone-mu adalah :

  • OS : Android 5.1.1 Lollipop
  • CPU : Quad Core
  • RAM : 2 GB
  • Internal Memory : 1 GB

Baca juga: Inilah 5 Karakter Terkuat Di Dota 2  

2. Pastikan jaringan internet kuat dan stabil

Game bergenre Survival Battle Royal ini memungkinkan ada 100 gamers ikut bermain dalam 1 match, jadi Ping (Packet Internet Gopher) atau kecepatan internet yang dibutuhkan untuk mengakses data server bisa tinggi. Oleh karena itu untuk menjaga Ping tetap rendah, diperlukan kualitas jaringan internet minimum 4G yang kuat dan stabil.

3. Pilih graphic setting yang sesuai

 

Jika spesifikasi smartphone Kamu berstandar minimum, sangat disarankan untuk mengubah graphic setting (graphic dan frame rate) pada tingkat terendah. Kamu hanya bisa memakai setting HD/Ultra HD pada RAM berkapasitas 4 GB.

4. Kurangi kapasitas RAM

Kurangi kapasitas RAM dengan cara menutup semua aplikasi yang berjalan di background (harus rutin cek setting recent apps). RAM yang penuh bisa menyebabkan lag.

5. Gunakan aplikasi game booster

Untuk mendukung poin di atas, Kamu bisa menggunakan aplikasi game booster. Aplikasi ini berfungsi mematikan semua aplikasi yang berjalan di background. Sehingga alokasi RAM hanya khusus untuk bermain game saja.

Ada banyak pilihan game booster di PlayStore yang dapat Kamu download secara gratis.

6. Rutin update game PUBG mobile

 

Pada game PUBG mobile versi terbaru biasanya sudah bebas dari masalah bug atau error yang terjadi pada versi sebelumnya. Jadi untuk menghindari lag, kamu harus rutin update game PUBG mobile ya.

7. Pilih server Asia

Ubah setting default yang ada saat pertama kali download game PUBG mobile dari server Amerika ke server Asia. Kamu nanti bisa lihat angka Ping berwarna hijau, artinya baik karena kecepatan internet yang dibutuhkan rendah. Jika warnanya kuning, artinya buruk karena kecepatan internet yang dibutuhkan tinggi.

Baca juga: Daftar TOP Profil Hero Mobile Legend

Sebagai alternatif lain, Kamu juga bisa mencoba download PUBG lite. PUBG lite merupakan game PUBG versi ringan yang dapat dimainkan pada smartphone berspesifikasi rendah (RAM dibawah 2 GB). Game ini dirilis oleh Tencent Games pada bulan Juli lalu.

Jika membandingkan secara kualitas tentu ada banyak perbedaan dengan PUBG mobile, seperti tempo permainan yang cepat selesai karena peta berukuran lebih kecil. Namun, bukan berarti PUBG lite tak layak dicoba.

Itulah 7 cara mengatasi lag pubg mobile yang bisa Kamu coba. Mudah bukan?

PC Gamer